80 Warga China Tewas Akibat Gempa

Posted by Unknown

Gempa yang melanda China pada Jumat (7/9/2012), terus mengakibatkan bertambahnya korban. Gempa yang mengguncang dua kali itu, menyebabkan korban tewas bertambah menjadi 80 jiwa.

Rangkaian gempa susulan yang melanda wilayah barat daya, terus membuat warga ketakutan dan memutuskan untuk mengungsi dari rumah mereka. Gempa pertama berkekuatan 5,6 skala richter (SR) melanda pada pukul 11:30 siang waktu setempat, selang beberapa lama kemudian, gempa berkekuatan sama pun kembali melanda yang diikuti dengan puluhan gempa susulan.

Wilayah paling parah yang terimbas gempa berada di wilayah Yiliang. Sebagian besar korban tewas berada di wilayah Provinsi Yunnan tersebut, dimana sekria 730 warga dilaporkan menderita luka-luka.

Populasi Yiliang yang padat dan lingkungan perumahan dan bangunan yang rapuh diduga menjadi penyebab utama banyaknya korban tewas. Sebagian besar rumah warga berada di sisi bukit, yang kemudian longsor akibat guncangan gempa.

"Ini amat mengerikan, adik saya tewas karena batu yang jatuh (dari bukit). Gempa susulan terus melanda dan kami sangat ketakutan," ujar seorang warga Peng Zhuwen, seperti dikutip Xinhua, Sabtu (8/9/2012). 

Pemerintah menyatakan, sekira 6.650 rumah dikabarkan hancur akibat gempa tersebut. Sementara 100 ribu warga terpaksa diungsikan ke tempat yang aman, mengingat kondisi setelah gempa dikatakan tidak aman. Pemerintah melaporkan, sekira 700 ribu warga turut terpengaruh gempa ini.

Regu penyelamat bergegas untuk memberikan bantuan kepada warga yang terkena imbas gempa. Juru bicara Palang Merah Asia Timur Francis Markus mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan 2.000 selimut, 2.000 jaket dan 500 tenda ke wilayah yang terkena gempa. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu warga yang mengalami kesusahan.



{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Blog Archive