Wisata Medis Bali Siap Bersaing dengan Thailand & Singapura

Posted by Unknown

Wisata medis sudah berkembang pesat di Thailand & Singapura (Foto: CNNGo)
Wisata medis sudah berkembang pesat di Thailand & Singapura (Foto: CNNGo)
BALI sudah terkenal di dunia karena keindahan alamnya. Bahkan, dalam beberapa kesempatan nama Bali jauh lebih dikenal dibanding Indonesia. Kini, Bali berupaya mengembangkan wisata medis. Sanggupkah menyaingi Singapura dan Thailand yang sudah lebih dahulu merintis?

Bali, lewat Bali International Medical Centre (BIMC) di Nusa Dua, mengukuhkan komitmennya untuk menjadi tujuan destinasi wisata medis. Namun, Bali harus siap-siap bersaing dengan pemain-pemain lama, yaitu Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Menurut CEO Medical Travel Consumer Guide Josef Woodman, meski memiliki fasilitas medis yang bagus, Bali harus bekerja keras untuk maju dalam persaingan wisata medis.

"Sebagai pendatang baru, Bali menghadapi saingan yang kuat dari negara tetangga, seperti Singapura, Kuala Lumpur, Filipina, dan Bangkok yang telah lebih dulu maju di bidang ini," tuturnya, seperti dikutip dari CNNGo, Jumat (6/7/2012).

"Untuk dapat bersaing, Bali harus dapat mendemonstrasikan kualitas layanan yang lebih baik dan mempromosikannya ke wilayah regional, baru ke dunia. Di sisi lain, keamanan wilayah Bali dan popularitasnya sebagai destinasi wisata dapat membantunya maju di bidang wisata medis," tambahnya.

Saat ini, 10 destinasi wisata medis yang paling populer di dunia karena memiliki fasilitas lengkap dan harga bersaing, adalah Brazil, Costa Rica, India, Korea, Malaysia, Meksiko, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Turki.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment