Stoner Buntung, Pedrosa Untung

Posted by Unknown

Minggu, 8 Juli 2012 18:49 wib
Daniel Pedrosa Ramal dan Casey Stoner bertarung sengit hingga akhir-akhir lomba (Foto: Getty Images)
Daniel Pedrosa Ramal dan Casey Stoner bertarung sengit hingga akhir-akhir lomba (Foto: Getty Images)
HOHENSTEIN-ERNSTAHLL – Beda nasib dialami dua rider Honda Repsol. Casey Stoner dan Dani Pedrosa yang bertarung ketat hingga akhir lomba, menakdirkan nasib nahas untuk Stoner dan keberuntungan bagi Pedrosa.

Kala lampu hijau sudah mensinyalkan jalannya seri Sachsenring, adu geber nampak ketat. Bahkan Dani Pedrosa yang start dari posisi ketiga, sempat menyalip Ben Spies dan rekan setimnya, Casey Stoner.

Tetapi beberapa lap kemudian, Stoner sukses kembali mengklaim posisi terdepannya. Formasi tiga besar terdepan pun berubah. Stoner tetap terdepan, sementara Pedrosa tepat di belakang Stoner. Sementara Spies yang melakukan blunder di tikungan, terpaksa menyingkir ke posisi keempat. Kolega setimnya, Jorge Lorenzo melesat menggantikannya di posisi ketiga.

Pertarungan sengit lainnya terjadi antara dua rekan satu tim Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso. Dari tikungan ke tikungan, Crutchlow berupaya keras melewati Dovizioso. Tapi Dovi tetap tenang dan terus memantapkan posisi keempatnya sementara Crutchlow menguntitnya dengan ketat.

Sedangkan legenda hidup Valentino Rossi di kuda besi bermerek Ducatinya, terkesan statis. Bahkan hingga pertengahan lomba, Rossi yang start di posisi kesembilan, mesti turun satu posisi ke tempat ke-10 setelah disalip Hector Barbera.

Beralih lagi ke grup terdepan, pertarungan ‘saudara’ sesama Honda, kian panas antara Pedrosa dan Stoner. Di saat lap menyisakan 13 putaran lagi, Pedrosa semakin memangkas jarak waktu hingga berselisih 1,444 detik. Bahkan ban depan Pedrosa acap nyaris bersentuhan dengan ban belakang Stoner saat mencoba untuk kembali menyalip The Kurri Kurri Boy.

Pertarungan duo Tech 3 mesti berakhir saat lomba menyisakan lima lap lagi. Upaya Crutchlow untuk mengangkangi Dovi harus berakhir karena terlalu gegabah melahap lahan sempit di sisi luar Dovi dan berkesudahan di gravel trek.

Sementara di grup terdepan juga terjadi salip-menyalip di antara duo Honda. Menyisakan dua putaran lagi, Pedrosa melejit memanfaatkan ruang sisi dalam Stoner dan mengklaim posisi terdepan. Di dua tikungan terakhir, Stoner ketiban sial.

Bannya selip saat melahap tikungan panjang dan harus kandas di gravel. Pedrosa melenggang dengan mulus ke garis finis. Sementara podium kedua dipijak Lorenzo dan ketiga diamankan Dovi.

Hasil Lengkap MotoGP Jerman 2012:
1. Dani Pedrosa Honda Repsol Lap 30
2. Jorge Lorenzo Yamaha Factory Racing +14.996
3. Andrea Dovizioso Monster Yamaha Tech 3 +20.669
4. Ben Spies Yamaha Factory Racing +20.740
5. Stefan Bradl LCR Honda MotoGP +27.893
6. Valentino Rossi Ducati Team +28.050
7. Alvaro Bautista San Carlo Honda Gresini +28.246
8. Cal Crutchlow Monster Yamaha Tech 3 +28.447
9. Hector Barbera Pramac Racing Team +29.053
10. Nicky Hayden Ducati Team +29.226
11. Randy De Puniet Power Electronics Aspar +53.176
12. Colin Edwards NGM Mobile Forward Racing +58.204
13. Aleix Espargaro Power Electronics Aspar

Not Classified:
Casey Stoner Honda Repsol 29 Lap
Mattia Pasini Speed Master 4 Lap
Michelle Pirro FTR-Gresini 2 Lap

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment